Selasa, 27 November 2012

Lapangan Tian An Men.







Jun 6, '05 11:06 PM
untuk semuanya

Koran Kompas 5 Juni 2005 memberitakan bahwa tanggal 4 Juni
kemarin di HongKong diadakan peringatan Tragedi TianAnMen
yang terjadi pada tanggal 4 Juni 1989.
Membaca berita itu saya teringat kembali tayangan TV yang
spektakuler - seorang asing yang berada dilantai teratas dari
hotel yang letaknya tak jauh dari lapangan itu sempat membuat
rekaman kejadian mengerikan saat Tentara Merah dengan
dibantu kendaraan tank baja menyerbu lapangan TianAnMen
yang malam itu masih dipenuhi mahasiswa prodemokrasi.
Tayangan itu memperlihatkan betapa tank baja seberat itu
berjalan dengan cepat menyerbu ketengah lapangan sambil
terlonjak-lonjak karena menggilas tubuh manusia.
Begitu mengerikannya tayangan itu, sampai-sampai sekian
lama ingatan saya akan kejadian itu masih nempel terus.
Tahun 1997, saat mengunjungi lapangan TianAnMen -
saya sengaja mencoba mencari kira-kira dimana lokasi/tempat
tank menggilas tubuh manusia seperti tayangan yang saya lihat
di TV sekian tahun yang lalu itu.
Setelah jalan kesana kemari, saya menemukan satu titik dimana
pandangan kearah hotel bertingkat terbuka sekali dan saya duga
disitulah lokasi tank saat terlihat di tayangan TV.
(foto pertama)
Tidak jauh dari titik itu, tampak anak2 sekolah yang sedang
bertamasya dibawa gurunya (foto kedua) -
mereka tampak polos dan ceria berpose difoto -
tentu mereka tidak sedikitpun tahu bahwa mungkin saja lantai
tempat mereka duduk itu pernah berlumuran darah.

 

Tidak ada komentar: