Selasa, 27 November 2012

Berkesempatan melihat Lukisan asli Black Madonna - Jasna Gora Poland.



Apr 24, '05 8:23 AM
untuk semuanya

Berkesempatan secara tidak sengaja bisa melihat dari dekat lukisan asli Black Madonna di Gereja Jasna Gora - Polandia.

Membaca tulisan Jalansutra pak Bondan  : To Krakow with Lemper ,
saya sependapat bahwa memang perjalanan darat di Eropa Timur
berbeda dengan di Eropa Barat yang banyak memakai highway,
tapi justru disitulah asyiknya perjalanan dinegara Eropa Timur.
Kita banyak melalui jalan2 antar kota yang kadang-kadang seperti jalan
dipedesaan, sehingga mata justru engga mengantuk, engga bosan-bosan
kita menikmati suasana pedalaman/pedesaan itu, kadang2 mobil berjalan 
nyelip diantara rumah-rumah desa.
Saya memakai rute yang terbalik dengan pak Sudaryomo, karena saya
memulai perjalanan darat yang panjang dari Budapest, melewati border
Slovakia untuk kemudian memasuki Polandia, di kedua border itu
pelayanan imigrasinya minta ampun lelet-nya sampai2 kami kehilangan
kesempatan lunch di Krakow (Polandia).
Setelah menginap semalam di Krakow, esoknya kami menuju Warsawa,
dengan mampir dulu di gereja Black Madonna yang kharismatik.(foto)
Komplek gereja itu besar sekali, saat itu penuh pengunjung, mula2 kami
dibawa kesuatu ruangan dimana ada repro dari lukisan Black Madonna.
(foto)
Kami kecewa sekali karena tidak bisa memasuki ruangan dimana lukisan
asli-nya disimpan yaitu diruang utama gereja, karena diruangan itu sedang
berlangsung misa.
Pintu masuk ke ruangan tersebut sudah ditutup karena sudah dipenuhi
pengunjung yang kabarnya banyak orang-orang penting Polandia.
Jangankan bisa masuk atau mengintip dari pintu, mendekati ruangan
misa saja tidak bisa karena orang sudah berjejalan dimana-mana.
Tapi rupanya suster yang menerima dan menjadi guide selama kami
berada di komplek gereja yang luas itu merasa iba kepada kami yang
sudah jauh-jauh datang dari Indonesia.
Kami diajaknya berkeliling komplek masuk keluar ruangan, melihat
berbagai tempat sampai ke basement dan akhirnya masuk dari pintu
belakang kedalam sebuah ruangan yang rupanya ruang petugas misa.
Ruang petugas itu letaknya bersisian dengan ruang misa dimana ada
lukisan asli Black Madonna itu.
Surprise sekali !! - secara bergantian kami diperbolehkan masuk
kedalam ruangan misa itu, padahal misa sedang berlangsung.
Saya yang masuk duluan sendirian , dan groggy juga karena ternyata
saya nongol disisi samping kanan depan dari ruangan misa itu !! -
hanya beberapa meter saja dari altar dimana lukisan berada.
(pintu itu rupanya tempat keluar masuk petugas upacara misa).
Tentu saja munculnya saya langsung menjadi sorotan/perhatian orang-
orang didalam gereja yang sedang penuh itu, mereka tentu heran kok
ada orang bukan kulit putih mendadak muncul disitu.
Masa bodoh, saya langsung menoleh kekanan dan tampak lukisan
Black Madonna asli itu tidak jauh dari tempat saya muncul.
Tentu saya tidak bisa ber-lama2 disitu, segera keluar lagi untuk
memberikan giliran kepada teman yang lain.
Kami bergantian nongol dari pintu itu, dan setelah giliran teman yang
terakhir, saya nyelonong masuk lagi karena penasaran ingin sekali lagi
memandang lukisan yang begitu legendaris.

Tidak ada komentar: